Daftar Barang Seserahan Pernikahan Jawa yang Wajib dibeli!

Apa itu Seserahan Pernikahan / Hantaran Pernikahan / Angsul-angsulan? Nah, kalo kamu wanita, wajib hukumnya untuk tahu apa ini. Soalnya kalo gak tahu ruginya parah! hahaha

Seserahan pernikahan adalah sejumlah barang, yang umumnya diberikan oleh pihak pria kepada wanita, yang merupakan barang dari ujung kaki sampai rambut si wanita tersebut.

Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan? Ya banyak. Misalnya tas, baju, perlengkapan mandi, atau apapun. Intinya sebenernya sebagai simbol, bahwa si pria memberikan barang tersebut ke wanita untuk bekal nantinya memulai hidup setelah pernikahan. Singkat kata, wanita kaya kita (saya, red.), boleh manja minta ini-itu sama si pria!

Mengenai apa aja barangnya, terserah budget yang kamu miliki. Cuma karena saya menikah adat jawa, biasanya jumlah hantaran/angsul-angsulan/seserahan itu harus ganjil, seperti 5 kotak, 7 kotak, ataupun lebih. Nanti balasan ke pria nya kurang dari jumlah kotak seserahan yang wanita dapat. Misalnya 3, 5, dsb.

Sedikit curhat, tadinya budget seserahan saya sudah sangat perfect dan bisa minta macem2. But, unexpected things happened lately in this couple months. And it cuts my seserahan budgets :”(

Ini yang kadang kita tidak pernah duga. Kejadian besar sekejap bisa mengubah seluruh hal yang udah kita rencanakan jauh-jauh hari. Well kalo sudah begini, saya harus kreatif. Toh intinya untuk ‘macak-macak’an aja, biar keliatan kalo si pria ngasih bekal untuk wanita.

Contoh Daftar Isi Barang Seserahan Pernikahan yang Murah saya bagi sesuai banyaknya kotakan ya:
1. Kotak Seserahan isi Peralatan Mandi
– handuk
– shower puff
– bali ratih
– bath and bodyworks body mist/vs
– shampoo mane and tail
– ponds pembersih muka
– sabun mandi body shop

2. pakaian dalam
– lingerie/baju tidur
– underwear set masing2 3pc
– kaos kaki

3. Make up
– Bedak NYX / Maybelline
– eyeshadow 1 set
– make up remover
– eyeliner nyx
– secret key white pearl
– lipstik
– BB cream / foundie borjouis

4. Aneka Perlengkapan Pesta
– sepatu pesta
– tas pesta
– kain brokat 1m aja

5. Kain , Songket, dan sejenisnya

6. Seprei & bedcover

7. Perlengkapan Kantor
– Baju kerja
– sepatu flat
– notes unik

8. Piring-piring cantik 4 pc atau bisa juga tea set pecah belah

9. Wajik Dodol (ini katanya wajib kalo orang jawa, supaya selalu nempel si calon suami sama kita wkwk)

10. Tas Kerja

11. Sembako, Mie, Makanan, molto, Setrika.

updated: akhirnya karena butuh ‘simbolis’ adat jawa, ternyata perhiasan itu penting ya guys..so tas kerja pun aku masukkan ke perlengkapan kerja, dan perhiasan (anting, gelang, kalung) menggantikan posisinya.

Nah untuk hiasan kotak seserahan pernikahan, saya akan buat sendiri!!! hahahaha..kalo ini selain menghemat, sekalian saya juga kepengen berkreasi. Siapa tahu bisa jadi peluang usaha hiasan kotak seserahan pernikahan kan. πŸ˜€

Semoga daftar barang seserahan / hantaran pernikahan ini sesuai budget harga yang saya buat, dan tetep terlihat bagus. amin. Kalo kamu punya daftar apa untuk seserahan pernikahan nanti? Yuk share sama aku! πŸ™‚

7 pemikiran pada “Daftar Barang Seserahan Pernikahan Jawa yang Wajib dibeli!

  1. artikel yang menarik dan penjelasan yg detail dan lengkap (y)
    maaf numpang ngasih info nih, cek link yaa ada banyak kumpulan baju pengantin sampai dekorasi buat pernikahan murah πŸ™‚ Terimakasih.

    Suka

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)