Kegunaan dan Pengertian Mod Podge itu Apa

Apa sih Mod Podge itu? Well, sebelum saya menjawabnya, lebih baik saya melakukan prolog terlebih dahulu tentang mengapa produk tersebut saya bahas secara khusus di blog ini. Beberapa tahun belakangan saya sangat menyukai dunia desain interior. Mulai dari menyulap perabotan dekorasi rumah lama menjadi baru, cara membuat dekorasi yang unik untuk rumah, dan masih banyak lagi. Sampai akhirnya saya terdampar dengan mata, hati dan isi pikiran yang ingin sekali mencoba praktek semua topik DIY Tutorial Project yang ada di Pinterest. Kalo udah begini ceritanya, minimal saya harus membeli peralatannya dulu kan ya? Nah ketemulah saya dengan bahan bernama Mod Podge ini.

Pengertian Mod Podge adalah lem yang digunakan untuk menempelkan beraneka ragam bahan seperti kain /dan kertas, kepada material kayu, plastik, kaca, canvas, dll. Sebenarnya kalo kamu mampir ke toko buku, Mod Podge ini hampir mirip dengan Lem Fox Stik White Glue atau sering dikenal dengan lem putih pvac. Hanya bedanya, hasil akhir mod podge bisa memberikan efek yang beraneka macam juga, misalnya matte/doff, dan glossy.

Kegunaan Mod Podge dalam dunia craft itu banyak sekali. Biasanya mod podge digunakan dalam teknik decoupage oleh para crafters. Teknik Decoupage adalah teknik melapiskan suatu benda dengan bahan seperti kain, kertas, dan lainnya. Decoupage ini berasal dari cina dan siberia, serta merupakan tehnik yang paling populer di dunia karena cukup mudah.

Beli Mod Podge dimana ya kalo di Jakarta dan Bekasi? Ini yang sulit. Mencari penjual toko modpodge secara online jauh lebih gampang ketimbang mencarinya di toko buku, karena memang nampaknya belum masuk ke Indonesia. Jadi kamu bisa beli online di shop berikut:
SmartyHands – Pusat Kreatifitas
thestorewecalledours : modpodge ready stock

Contoh ide kreasi menggunakan Mod Podge gampang sekali dan sudah banyak yang membahas cara membuat ini-itu dengan mod podge. Sering browsing di Pinterest, dan kunjungi blognya Mod Podge juga bisa jadi inspirasi. Blog Mod Podge bisa kamu klik disini. Berikut beberapa tutorial dari blog mod podge yang bisa kamu cek (klik langsung difoto untuk link ke tutorialmya) :

1. Decorate a corkboard with new Mod Podge Rocks stencils

2. How to stencil a colorful clock

3. Pretty painted and decoupaged coasters

4. 13 Mod Podge table ideas you’ll love

5. LOVE canvas for Valentine’s Day

Varians Jenis Produk Mod Podge itu ada banyak. Dengan menggunakan mod podge itu hasil akhirnya bisa glossy, matte, warna seperti kayu, dan masih banyak lagi. Dikutip dari Oh So Pretty The Diaries pada posting DIY Spell Books with Mod Podge, dibawah ini hasil finishing dari aneka variasi mod podge:

Untuk kamu yang pemula (kaya saya hehe), memilih varian mod podge yang benar harus disesuaikan dengan kegunaan dan kebutuhan. Emang sih produk mod podge variannya banyak banget, kadang juga suka bikin bingung.  Saya sedikit merangkum dari blog thehousewecalledours, tentang jenis-jenis mod podge yang ada:

  • Matte hasil akhirnya tidak mengkilap. Sebaliknya, Gloss memiliki hasil akhir yang lebih mengkilap
  • Satin, perpaduan antara Modpodge Matte dan Gloss
  • Hard Coat, biasanya diaplikasikan pada perabot rumah tangga
  • Fabric, untuk menempelkan barang pada kain, maupun sebaliknya.
  • Paper, untuk scrapbook atau shield pelindung foto, namun tidakk dapat melindungi dari kelapukan.
  • Outdoor, untuk mengaplikasikan pada benda yang terkena paparan cuaca lebih ekstrim. Contoh: menghias kursi taman.
  • Shimmer, hasil akhirnya terkesan bling-bling (lihat foto diatas)
  • Glow-in-the-Dark menjadikan hasil karya bersinar dalam kegelapan
  • Puzzle-saver, digunakan untuk menyatukan hasil jigsaw puzzle yang sudah kita kerjakan.
  • Glitter, digunakan untuk memberi efek glitter pada hasil karya kita. Jadi tidak perlu tambahan bubuk glitter lagi. Ada beberapa varian Glitter MP, yaitu Glitter Hologram Gold dan Silver.
  • Photo Transfer, digunakan untuk menempelkan foto favorit ke permukaan benda yang kita inginkan, seperti kain, keramik, dll.
  • Crackle, digunakan untuk menjadikan hasil karya kita bertekstur seperti telur pecah.
  • Dimensional Magic, digunakan untuk memberi efek spesial/efek 3 dimensi pada hasil karya kita. Beberapa varian di antaranya Dimensional Magic, Dimensional Magic Silver, Dimensional Magic Gold
  • Antique Finish, digunakan untuk memberi efek jadul pada benda.
  • Kids wash-out, untuk anak-anak yang ingin belajar crafting. Hasil akhir mirip dengan Classic MP Gloss, gampang dibersihkan dengan air, dan ketahanan merekatnya lemah.
  • Brushstroke, digunakan untuk memberi efek goresan kuas layaknya seorang pelukis profesional, tidak digunakan untuk melekatkan kain/kertas

Alat Pendukung Mod Podge yang sebaiknya juga kamu beli jika kita ingin memulai sebuah proyek kerajinan tangan dengan Mod Podge, yang harus kamu jangan tanggung-tanggung untuk membeli alat-alat penunjangnya yakni kuas, roller, dll. Nah, kalo semua itu sudah kamu sediakan, tinggal berkarya dengan mod podge deh! Ingat…practices make perfect ladies! ciaoooo..

Iklan

29 pemikiran pada “Kegunaan dan Pengertian Mod Podge itu Apa

  1. Salam kenal, mbak. Baru cari info tentang decoupage, ternyata nyangkutnya kesini. Selama ini saya bikin servietten (napkin tissue bermotif) yang ditempel ke waadah2 dan talenan. Berarti itu termasuk decoupage ya…Saya pakai lem fox yang diencerkan, dan sesudah selesai dilapis lagi dengan lem fox yang berfungsi sebagai furnish.

    Suka

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s