Pergi Liburan ke Pulau Pahawang, Pulau Kelagian, dan Pulau Tegal

Pergi Liburan ke Pulau Pahawang, Pulau Kelagian, dan Pulau Tegal November 2014 — Lama tidak update berita, kali ini saya akan share pengalaman nge-trip ke pulau pahawang, pulau kelagian, pulau tegal, dan pulau sekitarnya yang terletak di Teluk Lampung, Lampung Selatan. Perjalanan menuju ke Pulau Pahawang ini sebenarnya hampir saja gagal. Ya, berawal dari peserta yang mencapai 13 orang, entah dengan sejumlah alasan akhirnya hanya 6 orang lah yang berhasil ngetrip. Bikin bete sih jujur, karena saya yang bertugas mengkoordinasikan apa saja yang dibutuhkan untuk pergi ke Pahawang.

Sebetulnya bisa saja kami semua ikut teman-teman yang open trip ke pulau pahawang di kaskus, apalagi biayanya tentu jauh lebih murah. Tapi kalo kaya gitu mana ada asiknya ya kan. Akhirnya disepakatilah saya yang mengurus semuanya sendiri. Rasanya? deg-degan banget!

Perjalanan dimulai dari hunting operator mana yang menawarkan harga paling murah. Yap, baca sana sini, sms dan telepon contact person, sampai pada akhirnya saya memutuskan memakai jasa pak yanto (sewa penginapan, makanan, alat snorkeling, dan sewa kapal). Untuk sewa mobil dari pelabuhan bakauheni – dermaga ketapang, saya menggunakan jasa pak ashari (temennya pakyanto).

Detail Itinerary Pergi ke Pulau Pahawang Lampung
19.00-19.30 :  berangkat jumat malem dari kampung rambutan (ini penting banget, mending diniatin sampai di terminal kampung rambutannya jam segitu langsung naik bus Primajasa) — IDR 25,000
23.30-24.00 :  sudah sampai di Pelabuhan Merak, langsung beli tiket dan naik kapal. Kemarin saya naik kapal Surya Dharma Kencana IX kapalnya bagus banget. — IDR 15,000
03.30-04.00 : turun kapal dan sampai di Pelabuhan Bakauheni, langsung bertemu dengan Pak Ashari (sewa mobil Avanza Bakauheni – Ketapang 800,000 PP)
07.00          :  sudah sampai di dermaga Ketapang! keren kan? *mujidirisendiri

Nih, perjalanan dari Kampung Rambutan ke Dermaga Ketapang itu memakan waktu hampir 11 jam. So, itulah kenapa penting banget sampai di kampung rambutannya jam 19,00 malam. Memang sih, kalo orang kantoran mau tidak mau harus ijin pulang cepet sama si boss. 😀
Urutan perjalanannya adalah: Terminal Kampung Rambutan – Merak (4 s.d 5 jam) – Bakauheni (3 s.d 4 jam) – Dermaga Ketapang (3 jam) – Pahawang (1/2 jam)

Sedangkan untuk akomodasi lainnya saya percayakan semua pada Pak Yanto dengan harga sbb:
1. sewa villa AC 1 kamar, 2 non AC IDR 1,500,000 (harga November 2014)
2. sewa alat snorkeling 2 hari @ IDR 90,000
3. makan selama di Pulau 4x @ IDR 18,000
4. sewa kapal (muat 15 orang) 2 hari @ IDR 500.000 = IDR 1,000,000
5. biaya sandar kapal dn retribusi saat mengunjungi pulau @ IDR 20,000

Kami yang ber-6 habis sekitar 900ribu/orang, dan itupun sudah menginap di villa AC yang terletak dekat dengan Tanjung Putus. Kalo kamu lagi kebingungan menyusun pulau mana aja yang patut dikunjungi, yuk baca post lanjutannya ini disini.

HAPPY HOLIDAY! 🙂

Iklan

Satu pemikiran pada “Pergi Liburan ke Pulau Pahawang, Pulau Kelagian, dan Pulau Tegal

  1. Ping balik: Cara Pergi ke Pantai Wisata di Pulau Pahawang, Tanjung Putus, dan Pulau Kelagian | Dini Talk About World

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s