Cara Pergi ke Pantai Wisata di Pulau Pahawang, Tanjung Putus, dan Pulau Kelagian

Cara Pergi ke Pantai Wisata di Pulau Pahawang, Tanjung Putus, dan Pulau Kelagian – Sudah pernah mendengar tentang Pulau Pahawang di Lampung Selatan? Well, kalo belum rupanya kamu ‘sedikit’ kurang beruntung. Lha kok gitu? iya, soalnya pemandangannya luar biasa indah man-teman…Untuk kamu yang ngakunya pecinta pantai sih harus banget pergi ke pulau pahawang ini. Bukan cuma itu aja, disekitar pulau tersebut juga banyak sekali pulau-pulau menarik lainnya. Cantiknya juga nggak kalah dari Phuket loh. Hmm, Penasaran? Yuk disimak!

Secara garis besar saya akan mengulas beberapa pulau di sekitar Pahawang yang cukup penting untuk masuk detail perjalanan kamu. Pulau-pulau itu antara lain:
1. Pulau Tegal
2. Pulau Pasir Timbul/Pulau Gosong
3. Pulau Kelagian Besar dan Kecil
4. Pulau Pahawang Besar dan Kecil
5. Pulau Maitem
urutan diatas saya susun menurut yang pertama kali saya kunjungi sewaktu minggu lalu berlibur ke sana.

Untuk kamu yang ingin tahu detail cost/pengeluaran pergi ke Pahawang, bisa baca post aku Pergi Liburan ke Pulau Pahawang, Pulau Kelagian, dan Pulau Tegal

1. Pergi menuju ke Pulau Tegal

Pagi itu kami sekeluarga telah sampai di dermaga Ketapang pukul 07.00. Suasana masih lengang, dan udara pun masih sejuk. Setelah disambut oleh Pak Yanto, kami diajak ke rumah beliau untuk menyantap sarapan nasi dan ikan sebagai lauknya. Perjalanan sabtu pagi ini diputuskan ke Pulau Tegal terlebih dahulu, karena letaknya yang lumayan jauh. Ditemani oleh Bang Arok, sebagai ‘nahkoda’ kapal, mulai lah petualangan kali itu. #caelahh

DSC_0285 DSC_0289 DSC_0299

Pulau Tegal ini merupakan salah satu spot snorkeling yang banyak dituju wisatawan yang berpergian ke Pulau Pahawang. Tanpa pikir panjang, kami semua langsung snorkeling di Pulau Tegal. Nampak dari kejauhan pantai berpasir putih yang indah. Sayangnya untuk pergi ke pantai kita harus agak memutar dari spot yang ada. Di Pulau Tegal, bagus sekali terumbu karangnya, hanya sayang sekali karangnya cukup tinggi sehingga kita harus jeli kanan kiri kalo tidak mau tertabrak karang. Agak kurang disarankan sih kesini kalo memang kamu pemula, seperti kami. But overall, kami puas sekali dengan pulau ini.

2. Pergi Menuju ke Pulau Gosong/Gusung/Pasir Timbul

Merasa gagal snorkeling sampai siang, akhirnya kami memtuskan untuk bermain-main di pantai yang ‘katanya’ sih cantik banget. Perjalanan pun berlanjut dari pulau tegal menuju ke pulau gosong. Pukul 10.00 kami pun tiba di Pulau Gosong. Pulau Pasir Timbul ini sebenarnya berupa dataran yang tidak terlalu luas, dan akan muncul ketika air sedang surut. Beruntungnya kami, kala itu musim dan keadaan laut sedang mendukung sekali. Kami pun tiba di pulau yang luar biasa indah, berpasir putih yang halus nan bening ini. Disana banyak sekali bintang laut. Seperti anak kecil, kami pun menguruk-uruk dasar pasir untuk mencari si “Patrick” sambil ber-selfie dan groupfie.. Inilah pulau kedua yang membuat kami tak henti-hentinya berdecak kagum.

pulau pasir timbul

pulau pasir timbul

pulau pasir timbul/gosong

pulau pasir timbul/gosong

3. Pergi Menuju ke Kelagian Besar dan Kecil

Ini dia yang ditunggu-tunggu..Yap, makan siang! Saking senangnya, kami semua tidak peduli mau segosong apa kulit badan ini. Yaudalah yaaa…yang penting liburan seneng. Bang Arok mengajak kami menuju ke sebuah pulau yakni Pulau Kelagian Besar. Sewaktu mencari tahu tentang pulau ini, sama sekali tidak ada bayangan kalau pulau ini cantik dan hampir mirip dengan Khai Island nya Phuket. Setiba kami disana, lagi-lagi saya sumringah saking senangnya melihat indahnya pulau Kelagian Besar. Seperti benar-benar berada di Maldives. Entah ya dibilang hiperbolis apa engga, meski semua orang bilang bentuk pantai hampir sama aja, tapi kenyataan emang pantai di Indonesia bagus-bagus banget!

Setelah menyantap makan siang, dan mengambil beberapa foto, nyebur juga sih, lalu kemudian pindah lokasi menuju ke Pulau Kelagian Kecil. Hmm, meski semuanya sudah mulai capek, eh pas sampai disana seperti hilang aja rasa capek tersebut. Bener-benar indah! Seperti tidak menyangka kalau pulau-pulau ini adanya di Indonesia. Pulau Kelagian Kecil ini tenang, ada beberapa tempat spot snorkelingnya, dan yang gak kalah seru, kita benar-benar bisa ketemu Nemo sedekat mungkin dengan jari-jari kaki kita. Rasanya teduh banget.

pulau kelagian besar

pulau kelagian besar

pulau-kelagian-kecil

pulau-kelagian-kecil

pulau-kelagian-besar

pulau-kelagian-besar

pulau-kelagian-kecil

pulau-kelagian-kecil

pulau-kelagian-besar

pulau-kelagian-besar

pulau-kelagian-besar

pulau-kelagian-besar

4. Pergi Menuju ke Pulau Pahawang Besar dan Kecil

Nah ini dia superstar kita. Jam ditangan sudah menunjukkan pukul 14.30. Matahari pun mulai terasa menyengat. perjalanan yang kami tempuh menuju Pahawang Besar cukup memakan waktu. Setibanya kami disana, saya cukup merasa kecewa. Bukan karena kurang indah, tapi jalanan berpasir putih yang menghubungkan antara Pulau Pahawang Besar dan Pahawang kecil sedang tertutup air laut karena kondisi saat itu memang sudah pasang. Alhasil kami memutuskan besok pagi kembali lagi ke Pahawang Besar dan Kecil untuk menyaksikan pantai terubung ini (kalo kalian search di google, pantai yang terhubung seperti ini juga ada di Morotai).

Akhirnya kami memutuskan pergi ke villa yang letaknya didaerah tanjung putus dan mengakhiri kegiatan kita untuk hari itu. Esok pun telah tiba. Setelah mempersiapkan barang-barang kepulangan kita, kami pun kembali menuju ke Pulau Pahawang Besar. Saat itu pukul 08.00. Dan ternyata kami sangat beruntung. Pasir penghubung kedua pulau telah surut! Yayyy..saatnya berfoto!

pulau-pahawang-besarIMG_2133 DSC_0455pasir-pahawang-kecil

 

5. Pergi Menuju ke Pulau Maitem

Inilah pulau terakhir yang menjadi agenda kami sebelum pulang ke Jakarta. Ya, Pulau Maitem. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pahawang. Pulau ini juga sering dijadikan tempatt berlalu-lalang kapal-kapal. Yang menarik, ternyata pulau maitem juga memiliki jalan berpasir yang terhubung pulau maitem dengan pulau disebelahnya guys!!! persis seperti Pahawang!

Dan saat kami disana, pasir pantai nya masih terlihat meski waktu sudang hampir pasang. Alhasil ya jepret sana-sini deh! Kami pun maen-maen di pulau ini cukup lama karena berasa seperti pantai pribadi. Sepi dan tidak ada orang.

IMG_20141107_164452

Tips Island Hopping di Pulau Pahawang Lampung
– Kalo kamu ingin mengerjar berfoto di Pulau Pahawang Besar dan Kecil, dan juga Pulau Maitem, sebaiknya masukkan agenda kesana di pagi hari sekitar 07.00-08.00 sebelum waktu pasang air laut.
– Diusahakan pergi ke tempat yang paling jauh terlebih dulu, saran saya mengikuti itinerary perjalanan menuju pulau pahawang saya diatas juga sudah sangat oke kok. Puas malah!
– Jangan terlalu bernafsu saat berenang apalagi kalo daerah tersbut banyak karang.
– Usahakan membawa sendal / sepatu khusus pengganti kaki katak saat ingin bermain-main/berenang di pantai.

Oke deh, sekian aksi saya dan keluarga dalam rangka liburan pergi menuju ke pulau pahawang! Dari sini saya belajar banyak hal, bahwa Indonesia sangat indah, dan pekerjaan kita semua untuk memajukan pariwisata Indonesia masih sangat panjang, serta nasib saudara-saudara kita di pesisir pantai yang masih amat sangat memprihatinkan. Ayo sebarkan terus kabar negeri kita yang indah ini ya!

Iklan

Satu pemikiran pada “Cara Pergi ke Pantai Wisata di Pulau Pahawang, Tanjung Putus, dan Pulau Kelagian

  1. Ping balik: Pergi Liburan ke Pulau Pahawang, Pulau Kelagian, dan Pulau Tegal | Dini Talk About World

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s