Ujung Tanduk Hidup dalam Benak Kewirausahaan

Kewirausahaan. Diartikan oleh wikipedia dari bahasa inggris yang berarti, entrepreneurship; yaitu proses membawa visi ke dalam kehidupan yang berupa ide inovatif, peluang, cara lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Dimana hasil dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru atas hasil kondisi risiko yang tidak pasti.

Pengertian simpelnya, menjalankan usaha dari ide yang dimiliki, dengan risiko untung dan rugi yang tidak dapat dipastikan. Well, that’s my version by the way.

Tatkala merenung tujuan berwirausaha, perdebatan dalam diri terkadang timbul mengenai topik kontroversial nan fundamental dalam kewirausahaan, yakni ketika seseorang menjalankannya dengan atau tanpa sebuah pekerjaan dan penghasilan stabil dari kantor pada umumnya. Otak semakin digalaukan karena banyak juga diantaranya yang sukses menjalankan usaha selaras dengan kehidupan karir profesional. Namun, apakah keuntungan telah maksimal jika manajemen usaha dijalankan tanpa Anda berkecimpung sepenuhnya?

Memilih untuk tidak berkarir di kantor tentu menjadi keputusan berat bagi kebanyakan pribadi. Pola skeptikal yang ditunjukkan sebagian besar masyarakat dilingkungan sekitar dapat menjadi sebuah beban berat, bahkan menimbulkan frustasi hebat. Tak terhindari, inilah justru yang membuat sebuah bisnis usaha yang diimpikan gagal.

Memang mengubah paradigma manusia di Indonesia sangat susah, apalagi bila menyinggung kata ‘wirausaha’. Seringkali wirausaha di-sinonim-kan dengan kata ‘pengangguran’. Entah darimana asal muasal pengaitan kata tersebut.

Berbicara bisnis, usaha, dan orang kantoran sebenarnya sudah menjadi pergumulan mendalam pada diri saya. Setelah hampir 3 tahun lulus dari bangku kuliah, pikiran keras kepala ini selalu tertuju pada sebuah kewirausahaan. Apalagi perekonomian Indonesia saat ini sangat potensial menggeliat mendukung munculnya produk-produk UKM hasil anak bangsa. Namun, nampaknya hal itu belum terealisasi sampai sekarang.

Percayakah Anda bila dulu di tahun 2009 saat saya berkuliah telah menghasilkan keuntungan bersih 2-4 juta per bulan? Di kala itu saya seperti menjadi saksi rangsangan ekonomi yang berada di masyarakat, karena dalam kurun 2009 – 2011, industri online shopping seakan booming tak terbendung lagi kemunculannya.

Sekarang, setelah account facebook saya dihack penjual hp penipu, memulai usaha kembali rasanya susah sekali karena harus berangkat dari nol. Mendengar cerita sesama penjual-penjual baru yang omsetnya mencapai 50jutaan per bulan terus terang membuat otak saya berteriak:

Kapan saya memulai untuk sukses???
Kapan saya tidak lagi diremehkan orang tercinta disekitar dengan keinginan dan jalan hidup yang saya pilih???
Darimana saya harus memulainya??

Memikirkan upaya untuk menjadi berhasil, dan bebas secara finansial memang tidak gampang, bahkan terkadang harus mengalami jatuh berulang kali. Namun, seperti yang selalu diutarakan tokoh-tokoh besar dunia, bahwa jatuh bangun dan gagalnya manusia dalam pengupayaannya menuju keberhasilan, merupakan proses penting dan intisari dari keberhasilan itu sendiri.

Pilihan untuk berhenti bekerja ataupun tetap menjalani kehidupan kewirausahaan dan karir profesional yang bersinergi juga tidak menghasilkan konklusi mana yang benar ataupun salah. Pilihan itu semuanya baik, selama kita berkomitmen penuh untuk tetap berusaha menjalani sepenuh hati.

Jadi, syukuri, nikmati, dan hayati setiap langkah yang akan kita jalani demi mencapai keberhasilan atas apa yang kita impikan.

Iklan

2 pemikiran pada “Ujung Tanduk Hidup dalam Benak Kewirausahaan

  1. Artikelnya sangat menginspirasi. Opini Saya tentang wirausaha & sukses! Ada pada proses, jatuh bangun adalah seninya dari proses. Kiat-kiat sukses itu… berjalan sesuai track hidup! diawali dengan rambu-rambu sinyal (peluang, minat ataupun bakat) mau mencoba bukan hanya maunya! tanpa mencoba. harus siap dengan segala konsekuensinya. kadang punya mainset duit bukan prioritas itu efeknya bagus buat kesehatan untuk mencegah atau mengobat frustasi, posisikan duit sbg pendukung. yang ingin Saya sampaikan adalah tetaplah berupaya mencari pendukung itu dengan total! dengan harapan sukses dunia & akhirat. -SINERGIS-

    Suka

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s