Tempat Wisata di Italia yang Murah untuk Backpacker

Tempat Wisata di Italia yang Murah untuk Backpacker – Sepertinya liburan ke Eropa sudah bukan sesuatu yang ekslusif lagi ya. Banyak sekali paket tour ke Eropa yang bisa kita ikuti hampir sepanjang tahun. Berkaitan dengan itu, saya juga punya mimpi. Saya menentukan bahwa saya harus bisa menginjak Eropa suatu saat nanti. Tidak tahu kapan dan bersama pasangan saja/dengan anak nantinya, yang penting pernah kesana. hahaaha. Dari sekian banyaknya negara di Eropa, hanya satu yang menarik perhatian saya lebih. Yap, negara itu bernama Italy. Kenapa? Karena ada segudang daftar kota tempat wisata di Italia bisa dijabarkan dengan cepat oleh saya. Nah berikut daftar nya:

1. TEMPAT WISATA DI ROMA

– Colosseum

Tempat ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Adalah Colosseo atau Colosseum yang merupakan bangunan reruntuhan amfiteater masa lampau yang menjadi salah satu landmark kota Roma. Bangunan ini letaknya di sebelah timur Roman Forum, bekas alun-alun yang penuh puing-puing bangunan kuno di pusat kota Roma.

Colosseum-Roma-Italia

Colosseum Roma italia

– Roman Forum

Terletak di Palatine Hill dan Capitoline Hile, Roman Forum, atau bahasa Italianya Fora Romano, yakni alun-alun (dalam bahasa Itali forum, jamak fora) yang menjadi pusat reruntuhan bangunan kuno jaman kekaisaran pemerintaha Romawi kuno. beberapa reruntuhan bangunan pemerintahan kuno.

Roman Forum

Roman Forum Italia

– Pantheon

Pantheon ini sebenarnya kuil di zaman kekaisaran Romawi yang saat ini telah beralih fungsi menjadi gereja katolik Roma. Terletak di tepi Piazza della Rotonda, Pantheon berdiri kokoh diantara sekumpulan bangunan bersejarah kota Roma, tidak jauh dari Piazza Navona.

Pantehon Roma Italia

Pantehon Roma Italia

– Castel Sant’Angelo

Castel Sant’Angelo adalah sebuah kastil kuno yang menjadi salah satu dari banyak bangunan bersejarah di kota Roma, Italia. Kastil berbentuk silindris ini terletak di tepi kanan sungai Tiber dan terhubung dengan sisi seberang sungai melalui Ponte Sant’Angelo, jembatan pejalan kaki dengan patung-patung dan tiang lampu klasik di kedua sisinya. Castel Sant’Angelo dibangun pada abad ke-2 dan awalnya merupakan bangunan makam (mausoleum) untuk kaisar Hadrian.

Sant' Angelo ROma

Sant’ Angelo Roma

– Trevi Fountain

Trevi Fountain, atau dalam bahasa Italia Fontana di Trevi, adalah kolam air mancur yang terletak di Trevi, Roma, Italia. Dari sekian banyak air mancur di Italia, Trevi Fountain merupakan air mancur bergaya Baroque style yang terbesar di Roma dan merupakan salah satu air mancur paling terkenal di dunia. Air mancur indah ini juga menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Italia dan sering menjadi lokasi syuting film.

trevi fountain roma italia

trevi fountain roma italia

– Piazza Navona

Piazza Navona adalah salah satu alun-alun paling indah dan terkenal di kota Roma, Italia. Alun-alun ini terletak di pusat sejarah kota Roma, dan berada di sebelah barat Pantheon. Beberapa fitur yang ada di Piazza Navona yang menandai alun-alun ini adalah obelisk dan sebuah kolam air mancur yang berada di tengah piazza. Air mancur ini adalah salah satu kolam air mancur paling indah dan terkenal di Roma selain Trevi Fountain.

piazza navona roma italia

piazza navona roma italia

– Spanish Steps di Spanish Square

Spanish Steps adalah sebuah tangga lebar yang menghubungkan Piazza di Spagna (Spanish Square) di bawah dan Piazza dei Monti depan gereja Trinità dei Monti di atas. Tangga ini sangat populer di kalangan turis dan juga warga lokal sebagai tempat kumpul-kumpul dan duduk-duduk sambil bercengkrama dan menikmati suasana alun-alun Piazza di Spagna. Kombinasi Spanish Steps, gereja Trinità dei Monti dengan menara lonceng kembarnya, dan juga obelisk di depan gereja menciptakan pemandangan yang cantik di Piazza di Spagna.

Spanish Steps Italy

Spanish Steps Italy

– Piazza del Papolo

adalah alun-alun bergaya neo klasik berbentuk oval yang menjadi salah satu alun-alun paling terkenal di kota Roma, Italia. Alun-alun ini dikelilingi oleh sejumlah bangunan bersejarah dan menarik, terhitung ada 3 gereja dengan 2 yang kembar, dan 3 bangunan palazzo yang mengelilingi alun-alun ini. Di Piazza del Papolo juga terdapat sebuah obelisk dan 3 kolam air mancur. Sebagai salah satu tempat wisata paling populer di Roma dan Italia, Piazza del Papolo yang berarti People’s Square/Plaza, tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi syuting film.

piazza del popolo roma italia

piazza del popolo roma italia

2. TEMPAT WISATA DI MILAN

– Piazza del Duomo

Piazza del Duomo Milan adalah alun-alun katedral juga sekaligus alun-alun utama kota Milan, Itali. Piazza del Duomo dikelilingi oleh sejumlah bagunan menarik, salah satunya adalah katedral (duomo) kota Milan yang mendominasi alun-alun ini dengan warnanya yang putih, desainnya yang meriah, dan ukurannya yang besar. Selain Milan Cathedral, bangunan lain seperti gang beratap pusat perbelanjaan Galleria Vittorio Emanuele II, Palazzo Settentrionale, dan Palazzo Meridionale, juga sayang untuk dilewatkan.

Piazza-del-Duomo

Piazza-del-Duomo

– Sforza Castle

Kastil ini terletak di dekat pusat kota Milan dan tidak seperti kebanyakan istana lainnya, Anda tidak harus mendaki bukit untuk mencapai tempat ini. Di dalam ini kastil Anda dapat melihat artefak istana dan detail arsitektur seni patung terakhir Michelangelo. Ada juga sebuah museum seni kuno, koleksi alat musik, bagian dari Mesir dan museum arkeologi prasejarah, dan tempat wisata di Milan ini sangat cocok bagi Anda yang mencintai seni.

Sforza Castle

Sforza Castle

– Opera House dan Museum La Scala

La Scala, adalah salah satu gedung opera bersejarah di Italia. Menghadiri sebuah opera di La Scala adalah pengalaman terbaik bagi penggemar opera, tapi Anda harus memesan tiket lebih awal, karena umumnya tiket cepat habis terjual. La Scala Museum memiliki koleksi alat musik, gambar, patung dan musisi, Anda dapat melihat auditorium kotak dan backstage daerah. Museum ini dibuka setiap hari mulai jam 9:00 s/d 17:30 waktu setempat. La Scala adalah tempat wisata di Milan, Italia yang cukup populer.

scala museum

scala museum

La scala Theater / Opera House

La scala Theater / Opera House

– Galeria Vittorio Emanuele II

Galleria Vittorio Emanuele II dibangun pada tahun 1867. Tempat ini memiliki atap kaca besar dan didalam berjajar toko-toko yang elegan, bar dan restoran. Di dalam tempat ini juga ada sebuah mosaik dengan simbol kota-kota baru dari Italia bersatu. Galeri ini dibangun dalam bentuk dan cross-link kuadrat dari Duomo dan La Scala. Nama galeri ini berasal dari nama raja pertama Italia. Galeri ini menghubungkan dua landmark paling terkenal Milan, yaitu Duomo dan Teatro Alla Scala, dan membuat tempat ini menjadi tempat wisata di Milan yang menjadi tujuan favorit wisatawan ke Italia.

galleria

galleria vittorio emanuelle II

– Taman Parco Sempione dan Giardini Pubblici

Bila Anda bosan berkeliling di museum atau sudah puas melakukan kegiatan belanja di kota Milan, Anda dapat bersantai atau berjalan-jalan di taman Parco Sempione, antara benteng dan Porta Sempione dan Giardini Pubblici atau taman umum, di luar pusat bersejarah Venezia Corso di mana Anda juga akan menemukan Museum Sejarah alam.

giardini

giardini pubblici

Parco Sempione Milan

Parco Sempione Milan

– Basilika Sant ‘Ambrogio

Basilika Sant ‘Ambrogio adalah salah satu gereja tertua di Milan. Gereja ini dibangun pada tahun 379 s/d 386 SM. Sant ‘Ambrogio adalah santo pelindung Milan dan Anda bisa melihatnya di ruang bawah tanah bersama dengan dua martir dari abad ketiga. Gereja ini adalah contoh yang sangat baik dari arsitektur Romawi

Basilika Sant 'Ambrogio

Basilika Sant ‘Ambrogio

3. TEMPAT WISATA DI VENICE / VENESIA

– Piazza San Marco

Piazza San Marco atau St. Mark’s Square adalah alun-alun indah yang menjadi pusat kota dan juga pusat wisata di kota air Venice (Venezia), Italia. Alun-alun ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan indah yang juga menjadi tempat wisata populer di Venice. Piazza San Marco juga merupakan satu dari sedikit alun-alun di kota besar di Eropa yang mana suara manusia bisa mengalahkan bisingnya lalu lintas kendaraan bermotor.

Piazza-San-Marco

Piazza-San-Marco

– Doge’s Palace / Palazzo Ducale

Dog’s Palace (atau dalam bahasa Italia Palazzo Ducale) adalah sebuah istana bergaya Venetian gothic style yang menjadi salah satu landmark utama kota Venezia (Venice). Istana ini terletak di alun-alun indah Piazza San Marco, di tepi danau pinggir laut di kota Venice, Italia. Doge’s Palace dulu adalah istana tempat tinggal penguasa tertinggi Republik Venice (Doge of Venice) dan sekarang istana ini dijadikan museum. Letaknya sangat strategis, yaitu berada di pusat kota dan dekat dengan landmark dan tempat-tempat wisata populer lain di Venice seperti St. Mark’s Square dan St.Mark’s Basilica.

Venezia - Palazzo Ducale

Venezia – Palazzo Ducale

– St Mark’s Basilica

St Mark’s Basilica atau Basilica di San Marco adalah gereja paling terkenal di kota Venisia (Venice), Itali. Gereja megah ini terletak di tepi utara St Mark’s Square dan berdampingan dengan Doge’s Palace di Venice, Italia. Merupakan katedral katolik Roma dari distrik keuskupan Venice yang menjadi salah satu contoh termasyhur gaya arsitektur Byzantium. Karena desainnya yang mewah dan bersepuh emas, gereja ini juga disebut Chiesa d’Oro atau “Church of Gold”.

St Mark Basillica

4. TEMPAT WISATA DI FLORENCE

Di wilayah florence, ada beberapa kota yang terkenal, seperti Tuscany (ibukotanya wilayah Florence), Pisa, dkk. Anggaplah Florence itu Jawa Tengah, nah Pisa, Prato, itu jadi kota Solo dan sekitarnya. lebih lengkap cek: http://en.wikipedia.org/wiki/Tuscany

– Piazza dei Miracoli

Piazza dei Miracoli adalah alun-alun katedral yang terletak di kota Pisa, Itali. Alun-alun ini menyerupai taman yang sebagian tanahnya disemen dan sebagian lagi berumput, dengan bangunan-bangunan indah berwarna putih mendominasi area ini. Piazza ini juga dikelilingi oleh pagar dan bangunan warna-warni menarik lainnya. Terdapat 4 bangunan utama yang mendominasi Piazza dei Miracoli, yaitu Duomo (katedral), Menara Condong Pisa, Baptistery, dan Camposanto. Yang paling terkenal tentu saja adalah Menara Condong Pisa yang seolah sudah menjadi ikon kota Pisa dan menjadikan Piazza dei Miracoli sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di Itali.

piazza del miracoli dan menara pisa

piazza del miracoli dan menara pisa

– Ponte Vecchio

Ponte Vecchio adalah sebuah jembatan yang melintasi sungai Arno di Florence, Italia, yang memiliki bangunan warna-warni di atasnya. Jembatan ini merupakan jembatan tertua di Florence yang sudah ada sejak jaman Romawi. Ponte Vecchio menjadi salah satu dari sedikit jembatan dengan bangunan di atasnya yang masih ada hingga saat ini. Di atas bangunan-bangunan di Ponte Vecchio juga terdapat sebuah koridor khusus yang menghubungkan dua istana yang berada di kedua sisi sungai, yaitu Uffizi Palace dan Pitti Palace.

onte Vecchio in Florence, Italy

onte Vecchio in Florence, Italy

– Uffizi Palace

Uffizi Palace atau sekarang disebut Uffizi Gallery (Galleria degli Uffizi) adalah istana bekas kantor administrasi pemerintahan Medici (pemerintah Florence) yang sekarang menjadi museum. Uffizi Gallery, atau biasa disebut Uffizi saja, adalah museum paling terkenal di Florence, dengan koleksi lukisan Renaissance-nya yang terbesar di dunia, termasuk karya-karya para pelukis terkenal seperti Raphael, Rembrandt, Michelangelo, Leonardo Da Vinci, dan Botticelli. Museum ini terletak di pinggir sungai Arno di Florence, tepat di ujung jembatan terkenal, Ponte Vecchio.

Uffizi Gallery

Uffizi Gallery

– Palazzo Pitti

Palazzo Pitti atau Pitti Palace adalah istana bekas tempat tinggal pemerintah Florence (Medici) yang terletak di Oltarno, di sisi sungai di seberang pusat sejarah kota Florence, Italia. Pitti Palace sekarang menjadi kompleks museum di mana kita bisa melihat interior mewah ruangan royal apartment, lukisan zaman Renaissance dan Baroque, koleksi pakaian zaman kerajaan, kereta kencana, hingga karya seni modern. Bekas istana yang dibangun pada abad 15 ini mempunyai area yang luas, termasuk sebuah area terbuka di depan istana (Piazza dei Pitti), courtyard di bagian dalam, dan juga taman bunga di belakang istana (Boboli Garden). Untuk tiketnya, kita bisa membeli tiket kombinasi yang memberi akses masuk ke museum di Pitti Palace dan juga Boboli Garden.

The-Palazzo-Pitti-Florence

The-Palazzo-Pitti-Florence

– Palazzo Vecchio

Palazzo Vecchio adalah bekas balai kota/city hall Florence yang sekarang menjadi museum. Bangunan khas yang berbentuk mirip seperti sebuah benteng ini merupakan salah satu landmark paling terkenal di Florence, dengan menara loncengya terlihat menonjol di antara bangunan-bangunan lain di area Ponte Vecchio. Palazzo vecchio (Old Palace) dibangun pada awal abad 14 dan sempat memiliki beberapa nama, yaitu Palazzo del Papolo (people’s Palace) dan Palazzo della Signoria. Dan terkait namanya yang ke-2, alun-alun atau area terbuka yang membatasi Palazzo Vecchio hingga kini masih dinamakan Piazza della Signoria. Palazzo Vecchio terletak di pinggir sungai Arno, Florence, dekat dengan Ponte Vecchio, Uffizi Palace, dan Pitti Palace. Dengan membeli tiket masuk, pengunjung bisa berkeliling di bagian dalam Palazzo Vecchio dan melihat interiornya yang indah.

Palazzo-Vecchio

Palazzo-Vecchio

5. TEMPAT WISATA DI CAMPANIA

– Palace of Caserta

Kalau Perancis punya Versailles Palace dan Inggris punya Hampton Court Palace, Italia juga punya istana menakjubkan yang luas, megah, nan indah, yaitu Palace of Caserta. Palace of Caserta adalah istana kerajaan bekas tempat tinggal raja-raja Napoli (Naples) yang terletak di Caserta, Italia bagian selatan. Palace of Caserta, seperti halnya istana-istana lain yang menjadikan Istana Versailles sebagai model (termasuk Hampton Court Palace), memiliki penampakan mirip seperti Istana Versailles dengan gaya arsitektur Baroque style-nya yang repetitif, interior yang mewah dan dihias dengan karya seni tinggi, dan taman istana yang maha luas.

Caserta Royale Italia

Caserta Royale Italia

Sala-del-Trono

Nah untuk update wisata di Campania, coba baca juga Detail Tempat Wisata di Campania

6. TEMPAT WISATA DI VERONA

– Juliet’s House and Balcony

Salah satu yang identik dengan Italia, khususnya Verona, adalah kisah cinta Romeo dan Juliet. Karena itu, tempat wisata di Verona yang wajib dikunjungi pertama kali adalah Casa di Guiletta atau Juliet’s House. Juliet’s House adalah sebuah mansion milik keluarga Capello yang terletak di Via Capello, di pusat kota Verona, Italia, yang terkenal dengan patung dan balkon Juliet-nya. Rumah ini telah lama menjadi ikon sekaligus salah satu objek wisata paling laris di Verona dan selalu dipadati oleh wisatawan dan pasangan kekasih dari seluruh penjuru dunia.

romeo-juliet-locations-casa-juliet-statue

7. TEMPAT WISATA DI VATIKAN

Perlu diketahui: Vatikan merupakan negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk. Vatikan juga menjadi sebuah enklaf yang berada di dalam wilayah kota Roma di Italia. Nah wisata di vatikan antara lain:

– St. Peter’s Basilica

St. Peter’s Basilica adalah salah satu gereja terbesar di dunia. Terletak di kota Vatikan, gereja yang megah ini merupakan hasil karya paling terkenal seni arsitektur renaissance dari dua maetro terkenal, yaitu Michelangelo dan Bernini. Banyak yang mengira status St. Peter’s Basilica sebagai gereja tempat kedudukan Paus/gereja utama (katedral) kota Roma, namun gereja ini sebenarnya bukan gereja resmi Paus. Meskipun demikian, St. Peter’s Basilica memang sering menjadi pilihan Paus dalam berbagai kegiatan keaagamaan karena ukurannya yang besar.

Cathedrapetri+gloria

b2e71a903d720bdf933870462663dcb5

Oke deh, sekian tempat wisata di Italia yang terkenal untuk backpacker. Tidak perlu mahal, karena sebagian besar bisa ditempuh dengan sightseeing berjalan kaki. Yuk k Italia!

Iklan

3 pemikiran pada “Tempat Wisata di Italia yang Murah untuk Backpacker

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s