Kegunaan dan Pengertian Slipcover Itu Apa

Apa itu Slip cover? Mengenal Pengertian dan Kegunaan Sarung Sofa – Coba bayangkan kalo kamu punya sofa yang buluk, kempes, bau keringet, dan kotor. Ilfil ngga? hahaha.. Bayanginnya aja udah ilfil, lha apalagi saya yang punya (pengalaman pribadi hik). Yah begitulah cerita nasip sofa dirumah saya si merah marun. Warnanya pun sekarang sudah tidak jelas, bahkan tidak kalah hebat dengan bau apeknya. wheew..gross! lol. Berangkat dari situ deh, saya berjanji, kalo nanti punya sofa sendiri, saya akan menutupinya dengan bahan apapun supaya sofanya tetap nyaman, bersih dan wangi. Selidik punya selidik, ternyata ada lho yang namanya slip cover atau sarung sofa. Wah, Apa itu Slipcover?

Pengertian Slip cover adalah bahan yang fungsinya mirip dengan sarung, dan digunakan untuk menutupi sofa. Sarung sofa atau yang lebih dikenal dengan istilah slipcover kurang lebih seperti ‘baju’ dari sofa, dimana memudahkan kita sebagai ibu Rumah Tangga untuk mencuci, dan mengganti si bahan pelapis sesuai selera.

Kegunaan slipcover adalah sebagai pelapis / pelindung dari sofa kamu. Sarung sofa ini dibuat agar kulit sofa kita tetap awet, dan bersih tentunya. Penggunaan slipcover atau sarung sofa yang paling gampang yakni pada kursi atau bangku pernikahan itu guys, yang biasanya disarungin pake kain putih gitu. Nah, kalo kamu pengen tahu, banyak banget diluar negeri tutorial membuat sarung sofa sendiri. Kalo di Indonesia sendiri, mungkin masih sedikit ya yang menggunakan slip cover ini.

Bagaimana Membuat Slipcover untuk Sarung Sofa kamu?
Nah, kalo males, cari paling gampang adalah minta tolong ke tukang sofa untuk dibuatkan sarung sofa / coverslip dengan bahan kain, ataupun kulit oscar. Kamu juga bisa menggunakan bahan asli sofa kamu, cuma menurut saya sih agak sayang ya, karena jadi tumpuk2. Bentuknya sendiri bisa yang membungkus sofa tsb, atau yang benar-benar menyerupai sofa kamu. Kalo saya sih prefer, yang ada resletingnya, terus bisa dicuci pasang ya, biar bersihan aja kelihatannya. Atau kamu bisa juga membeli sarung sofa/slipcover di IKEA. hahaha

Cara Mengukur Ganti Kain Sofa / Kursi dengan Hitungan Tukang Sofa Keliling
Ini yang kudu kamu tahu. Kalo mau mereparasi sofa kesayangan, biasanya tukan sofa keliling itu menghitungnya per area duduk dalam 1 sofa. Misalnya sofa panjang bisa muat 3 orang. Berarti 3 x 50 Ribu = 150 Ribu ongkos kerjanya saja. Kalo bahan dari mereka biasanya mulai dari harga 90 ribuan. Bayangkan kalo kamu harus mengganti kulit sofa 3 tahun sekali. Bahan yang bagus 1 meternya Rp.100,000. Asumsi 1 set bangku itu 18 meter, ditambah ongkos menjahit sofa nya. Udah habis 4 jutaan mak!

Perlu kita ketahui, tidak semua bentuk sofa oke dipakaikan sarung sofa. Slipcover cenderung lebih bagus bila dipasangkan dengan kursi berdesain simpel, dan minimalis. Kalo berbentuk european style, atau gaya tradisionil dengan full ukiran kayanya bakalan kurang oke. Rajin-rajin juga searching bentuk sofa yang baik dan awet, supaya kamu juga tidak buang-buang uang dikemudian hari.

Iklan

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s