Rincian Syarat dalam Mengurus Surat Numpang Nikah

Rincian Syarat dan Cara Mengurus Surat Nikah – Kalo kamu bingung bagaimana cara urus surat nikah, berarti kita senasip. Sejujurnya prosedur bikin surat nikah itu gampang-gampang rempong. Mangkanya saya coba cari tahu dulu di internet. Langkah-langkah membuat surat nikah khususnya pembuatan surat numpang nikah, kurang lebih telah saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi tadi siang.

Istilah surat numpang nikah itu maksudnya adalah jika salah satu pengantin, kedua calon, melangsungkan pernikahan diluar domisili ktp yang dipegang. Misalnya kamu KTP nya Bekasi, pasangan KTP nya Jakarta Timur, mau menikah di kua jakarta timur, berarti yang mengurus ijin numpang nikah itu kamu yang di Bekasi.

Tahapan/Urutan Tata Cara Membuat Surat Numpang Nikah:

1. Minta surat pengantar dari RT RW setempat

syarat:
a. Fotocopy KTP kamu dan pasangan
b. Fotocopy KK
c. Bawa aja materai 3000/ 6000 untuk jaga-jaga soalnya ada beberapa RT yang meminta surat pernyataan dengan materai

setelah dapet pengantar RT, so pasti mesti minta tanda tangan ma RW. di RW gak perlu syarat-syarat apapun tinggal minta tanda tangan RW. (saya tadi malam ke sekretaris rt dulu disana minta surat keterangan pernyataan belum menikah / akan menikah. Nah ini jujur tiap rt rw bisa beda-beda format. pokoknya tinggal bilang aja mau ngurua surat nikah gitu. Baru dari sekretaris RT β†’ tanda tangan RT β†’ tanda tangan RW.)

2. Pergi ke kelurahan untuk dibuatkan surat pengantar ke KUA pemohon ijin numpang nikah

syarat:
a. Fotocopy KTP kamu dan pasangan
b. Fotocopy KK
c. surat pengantar RT/RW
d. Bawa foto 2×3 2 lembar, 3 x 4 2 lembar (siapin aja kalo bisa warna merah untuk tahun kelahiran ganjil dan biru untuk genap)
e. Bayar biaya adm sekitar Rp. 30,000
f. Bawa juga Fotocopy KTP orang tua (buat jaga-jaga daripada bolak balik)

Jangan bingung. Saya tadi langsung ke loket dan bertanya untuk mengurus surat ijin numpang nikah. Perlu kamu ketahui, di kelurahan ini kita harus mengurus 3 surat pengantar, yaitu N1, N2 dan N4.

surat N1 ini berisi surat keterangan untuk nikah
surat N2 ini berisi surat keterangan asal-usul
surat N4 ini berisi surat keterangan tentang orang tua

3. Langkah terakhir adalah pergi ke KUA buat minta surat rekomendasi pindah nikah ke tempat tujuan.

syarat:

a. Fotocopy KTPkamu dan pasangan
b. Fotocopy KK
c. surat pengantar dari kelurahan ( N1,N2 dan N4)
d. Bawa foto 2×3 n 3×4 @ 2 lembar
e. Bayar biaya adm sekitar Rp. 50,000
f. Saya juga menyiapkan fotokopi akte kelahiran, ijasah terakhir, dan KK kamu dan pasangan. Ini hanya untuk jaga-jaga karena biar gak bolak-balik

Setelah dari KUA tempat pemohon yang mau ijin numpang nikah, kamu akan dapat surat rekomendasi pindah nikah yang diperlukan untuk daftar ke KUA yang dituju.

syarat-syarat mendaftar ke KUA yang dituju:

a. Surat rekomendasi pindah nikah dari KUA asal
b. Fotocopy KTP kamu dan pasangan
c. Fotocopy KK kamu dan pasangan
d. Foto berwarna 2×3; 3×4 bawa aja masing-masing 4 lembar (kalo bisa siapkan foto masing2 untuk background biru 4 lembar, merah 4 lembar)
e. Fotocopy ijazah terakhir kamu dan pasangan
f. Fotocopy Akta kelahiran kamu dan pasangan

Nah begitulah kurang lebih langkah-langkah dan syarat mengurus surat nikah. Semoga membantu Anda kalo pusing-pusing dan gak tahu gambaran mau berawal dari ngurus yang mana duluan..

56 pemikiran pada “Rincian Syarat dalam Mengurus Surat Numpang Nikah

  1. Ping balik: Cara Mengurus Surat Nikah di KUA Bekasi – Pondok Gede | Dini Talk About World

  2. hai.. makasih untuk share info nya, panjaaang juga yaa..
    saya di jakarta selatan , calon suami di jakarta timur, kita rencana nikah di jakarta selatan tp beda kecamatan dengan domisili saya, apakah saya juga ngurus numpang nikah juga ?

    Suka

    • halo sis salam kenal ya..terus terang pstnya aku krg tahu, tapi kadang tiap kecamatan punya syarat yg berbeda, hanya biasanya tidak jauh dari syarat yang diatas. setau aku ni yaa kita ngurus surat numpang nikah kalo udah beda kecamatan meskipun masih satu jakarta dg ktp qt. krn kua nya per kecamatan. jd utk mbak bisa jd dua2nya buat surat numpang nikah..utk lebih jelas sih saran aku abis ke rt rw, tetep ke kelurahan domisili ktp mbak aja dulu..mrk ngerti jg kok. semoga membantu ya πŸ™‚

      Suka

  3. Thx bgt infonya. Kebetulan lagi ngrus surat numpang nikah juga. Cami dr palembang saya ktp jakarta trus mau numpang nikah di palembang tp beda kecamatan sama cami jdi kami berdua sama2 bikin NA itu. πŸ™‚

    Suka

  4. maaf mbak saya mau tanya, saya tinggal d tangsel tapi masih pake KTP surabaya, nah calon saya orang tangsel, brarti saya harus ngurus surat numpang nikah ke surabaya, kira2 itu berapa lama prosesnya dan minimal berapa lama sebelum hari H ya mbak?

    terima kasih

    Suka

  5. Ping balik: Syarat-syarat mengurus surat nikah di KUA | tipageng's Blog

  6. mba , mau nanya
    1. itu syarat doc KK untuk RT, kelurahan dan KUA asal pakai punya siapa ? apakah pakai milik keluarga si pria atau wanita ?
    2. fotocopy doc utk urus di tempat asal, apakah harus bersertakan yg aslinya ? cth : KK asli, KTP asli.

    Suka

  7. Mba mau nanya:
    Ktp cami di Malang..domisili di Jayapura dan punya surat keterangan domisili Jayapura.

    Ktp saya di Jakarta..

    Rencana nikah di Jayapura.

    Bagaimana ya pengurusan surat2 untuk cami? Apakah harus dibuat di Malang? Atau karena ada surat domisili Jayapura..boleh tidak dianggap numpang nikah?

    Apa foto latar warna merah/biru itu wajib? Karena sudah mempersiapka yg latar putih.

    Makasi mba.

    Suka

    • selama ini saya selalu melampirkan sih pak. terus terang agak lupa tapi sepertinya tidak dipakai hanya ktp dan KK ybs masing2 pihak. karena bisa tiap daerah beda cara juga. kurang lebih baku nya seperti cara diatas pak

      Suka

      • Akta dipakai apabila nama Akta dan KTP beda. saya hari ini baru urus, nama di E-KTP disingkat beda dengan di Akta dan KK jadi pakai nama di Akta Kelahiran.

        Suka

  8. Kalo bikin numpang nikah tapi kedua pasangan duda dan janda gmn ya mba? Apa perlu akte cerai atau ga yah? Bisa di wakilkan ga, untuk ngurus surat pindahnya? Berarti ga usah ke kecamatan yah…
    Terima kasih πŸ˜‰

    Suka

    • setau saya harus ada akte cerai abg lampiran mbaa..imho yaa..
      karena sbg bukti bhw mbak udah resmi bercerah dengan yg sebelumnya begitu juga dengan pasangan. sebaiknya sebelum eprgi ke instansi baiknya sudah konsultasi ke RT, RW, biar ga bolak balik.

      Suka

  9. Heemmm kalau dokumennya lengkap dan ada pasti mudah… tinggal langkah aja di kuatin… Smoga nanti saya di beri kumudahan untuk ngurus surat numpang nikahnya. Terimakasih gan ini sangat membantu

    Suka

  10. alhmdll bermanfaat banget nih tipsnya…
    calon suami saya orang tangerang dan saya jawa timur, kita sama sama kerja dijakarta.
    kalau pengurusan untuk surat pindah nikah sih insya allah bisa diurus sendiri. tapi pas pengurusan di jawanya. apabisa minta tolong saudara?! untuk daftar nikahnya gitu.

    Suka

  11. gimana kalau misalkan calon pengantin wanita yg akan dinikahkan di domisili calon pengantin pria, cara pengurusan numpang nikahnya bagaimana tp hanya berbeda kelurahan?

    Suka

  12. Gini mbak kmrn klurga bingung ma mslah numpang nikah..maslah dana ..sebenarnya siapa yg wajib mngadakan prsiapan prnikahan.. Pihak wanita apa lelaki?. Trma kasih

    Suka

  13. Permisi mba..
    Mau tanya..
    Saya ktp d bekasi, lalu calon istri saya ktp d jaktim tp tnggal d bekasi..
    Itu harus gmna mba.??
    Terima kasih

    Suka

  14. Mau nanya mbak…
    Kalo ktp calon saya sudah habis masa berlakunya gimana y boleh tidak daftar pake ktp yang masa berlakunya sudah habis..?
    Soalnya calon saya dari medan,saya dari indramayu dan mau nikah di indramayu

    Suka

  15. Gmn Kalo menikah yg beda propinsi misalnya Saya tinggal di depok, calon wanita tinggal di Cianjur tapi ingin menikahnya di Jawa tengah apakah bisa??? Mohon pencerahannya

    Suka

  16. Mau nanya sis, saya asli dari majalengka, tapi tempat tinggal sekarang di cikarang, apa bisa ngurus surat numpang nikah nya di cikarang? Calon istri saya di serang banten, makasih

    Suka

  17. terima kasih mba sangat bermanfaat artikelnya berarti kalau mempelai laki2 dari pekalongan jateng, mempelai wanitanya cirebon jawa tengah , rencana pernikahan di cirebon yang ngurus surat numpang nikah yang laki2 yaa

    Suka

  18. Assalamualaikum… Sist ngurus surat numpang nikah itu lama Gg yah .saya mw nikah pertengahan bulan Agustus ini, nahh saya baru mw ngurus nya baru sekarang .kira ” lama gak yahh .

    Suka

  19. Salam kenal mb mau nanya, apa bisa surat ijin nikah itu untuk mengurusnya di wakilkan? Karna ini calon saya sudah ada di solo, tapi rumahnya di jakarta timur. Jadi orang tuanya apakah bisa mewakilkan untuk mengurus surat ijin nikah?

    Suka

  20. Maaf kk mo numpang nanya….kbtulan sya mo ngurus surat numpang nikah….kbetulan ijazah sama KTP sya nama nya BERBEDA
    Apa itu akan jadi pertanyaan jga…..????
    Wajib melampirkan ijazah kah…..???

    Suka

  21. Hai sis..calonq kan skrng d surabaya trus ktp ny papua…soalny dlu pernh menetap d papua…..rencana mau nikah d kotaq yaitu bojonegori…gmn tu soal ktp..masih bsa ato gk???

    Suka

  22. Soalny ktp cami q papua…tu ktp seumur hidup….skrng dya tinggal d sby…n mnetap d sana…rencana nikah d bojonegoro yaitu kotaq…trus soal ktp tu gmn????

    Suka

  23. mba saya mau nanya,calon suami saya orang jawa barat sementara saya tinggal d medan,tempat tinggal saya d Tanjungbalai,syarat numpang nikah laki2 ny syarat apa aja yg d urus ny,dan d bawa ny k media ,dab berapa lama waktu ngurus ny mbamba

    terima kasih

    Suka

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)