Fungsi Tags dan Categories Pada WordPress yang Baik

Fungsi Tags dan Categories di WordPress yang Baik – Tak dipungkiri memang jika para blogger pemula lebih memilih Blogspot ketimbang WordPress untuk blogging. Padahal menurut saya sekarang (dulu saya setia pada blogger/blogspot), blog WordPress memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan platform blogging lainnya; yakni kemudahan untuk mengelompokkan post dengan Tags dan Categories.

Fungsi Categories dalam blog WordPress bertujuan untuk mengelompokkan post-post yang ada secara lebih umum sesuai dengan kesamaan pada tema/topik artikel. Begitu pula halnya dengan Tags. Baik Tags dan Categories hanya dapat ditambahkan pada post WordPress karena tidak ada fasilitas penambahan keduanya pada Page.

Perbedaan Tags dan Categories Pada WordPress

Pada dasarnya, tags dan categories digunakan untuk mempermudah pembaca menuju post yang dicari olehnya. Namun, perbedaan mencolok pada Categories biasanya digunakan untuk mengelompokkan sesuatu yang lebih umum, sedangkan Tags lebih khusus mengelompokkan isi dari post tersebut. Selain itu, Categories juga biasa ditampilkan secara hierarkis terhadap Sub Categories yang melekat pada Parent Category (Kategori Utama).

Sebagai contoh:
Post “Berlibur ke Maldives” saya beri
Category : Travel
Sub Category (optional) : Luar Negeri
Tags: Maldives, Liburan, Biaya Perjalanan Maldives, Paket Tour Maldives

Seperti Anda lihat, Categories digunakan untuk mengklasifikasikan posting kedalam posting2 lainnya yang bertema “Travel”. Sedangkan Tags lebih spesifik yakni menunjukkan kata-kata yang menggambarkan keseluruhan topik yang ditulis pada posting kali itu.

Keyword pada Tags dan Categories dalam SEO WordPress

Hal yang paling penting dalam sebuah blog baru adalah mendatangkan traffic dari google, sesuai dengan cara yang diperbolehkan agar tidak dibanned. Nah, banyak pengguna wordpress yang tidak memaksimalkan fungsi tags dan categories ini untuk membidik keyword yang diinginkan. Jika Anda tertarik dengan seo tools, coba perhatikan, banyak dari blog yang terindex google berasal dari categories dan tags wordpress itu sendiri. Robot Google dan search engine lainnya akan senang meng-index halaman blog Anda apabila tags dan categoriesnya relevan dengan isi posting yang ada.

Iklan

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s