Psikotes Written Test dan Interview di PT. Mercedes Benz Indonesia

Psikotes, Written Test dan Interview di PT. Mercedes Benz Indonesia – Hari ini capeeek banget tapi seru! pake acara nyasar kelewatan, jalannya off road aduhai membahana, sampe makan siang di kantinnya PT ybs. Ceritanya hari ini saya psikotes dan tes tertulis lalu interview dengan user untuk posisi account receivable di PT. Mercedes Benz Indonesia. So cerita aja ya pengalaman aku tadi pagi.

Dengan semangat 45, saya bangun khusus pukul 4.30 (biasanya jarang banget sepagi itu), lalu berangkat dari rumah didaerah Jatiwaringin Bekasi menuju Kp.Rambutan pukul 5.30. And the journey begins! Dari Kp.Rambutan naik angkutan umum (angkot) 91 jurusan wanaherang bogor – kampung rambutan. Rutenya itu lewat tol cibubur, masuk kejalan arah cikeas dan cicadas.

Aslinya kalo nggak karena kelewatan perjalanan dapat ditempuh sekitar sejam 15 menit dari kampung rambutan. Tapi berhubung ada insiden kelewatan jauh akibat nggak mau nanya, jadilah saya tiba pukul 8.15.

Pertama-tama kami psikotes. Disitu kami mencocokkan gambar untuk mengisi kotak kosong yang merupakan missing pattern dari pola yang telah diberikan. Kemudian kami juga tes yang soalnya itu dibacakan, terus menjawabnya harus ikut aba2 dari sang hrd: kalo suruh jawab ya jawab, suruh stop udah gak boleh jawab lagi. Jadi gak ada tuh yang namanya pas dibacain soal kita jawab pertanyaannya, mesti didengerin dulu sampe soalnya selesai. Menurut saya tes ini digunakan untuk mengukur kecepatan nalar dan berpikir. Lalu kemudian tidak ada kraeplin test / deret angka keatas yang kertasnya isi angka semua segeda koran dan mengerjakannya dibatasi pake stopwatch itu loh.

Kedua Tes accounting. Ini dasar banget, sepengetahuan saya cuma ngetes aja kamu masih paham ngejurnal apa nggak.

Yang terakhir, tes bahasa inggris. 100 soal multile choice 45 menit, dengan basic grammar. Itu intinya..hehehe..paati banyak lah yang lebih jago!

Setelah makan siang, nah ini yang paling seru. Saya menghadapi interview user beserta 3 teman lainnya. Yang bikin tambah ngehits karena dari awal kita masuk ruangan semua full english even they’re locals. Grogi banget banget karena yang masuk itu 3 orang, 1 ibu HRD lupa namanya, 1 Head Finance Accountingnya, dan satu lagi Deputy of Finance. Sounds horrror kaaan??? lumayan bikin pala eike cekot2 wkkwkwkw..

Tapi lumayan lah, saya dari kemarin2 udah berkali-kali interview dengan bule dan udah pernah kerja dengan atasan yang sering dipanggil *mami asal singapore yang tidak boleh disebut namanya disini* lumayan alhamdulillah tidak membuat saya banyak “eeeee…ummmmm…aaaaaaaa…eemmm..itu maksudnya emm…” saat interview pakai bahasa inggris.
practices make prefect alhamdulillah 🙂

Ibu HRD bilang bakal dikabarin within a week jadi ya sekarang cuma bisa pasrah aja keterima atau tidaknya. Sejujurnya, saya heran banget karena bisa dipanggil dari sekian saingan yang semuanya mayoritas lulusan ‘punya nama’ seperti ugm, ipb, dan telkom. Sedangkan saya? Perbanas aja. Beneran heran banget, kalo ditanya bangga atau enggak jujur gak kepikiran kesono bo’! Saya bersyukur selama ini dipanggil di PT2 besar dengan mayoritas kandidatnya semua lulusan PTN dan PTS beken. Semoga Allah SWT sayang saya dan saya keterima kerja di sana. Amin Ya Rabb..

8 pemikiran pada “Psikotes Written Test dan Interview di PT. Mercedes Benz Indonesia

  1. Mba, lusa saya mau iview disana nih duh deg degannn 😦
    Itu yg iview 3 org nanya nya seputaran apa aja ya mbak kalo boleh tau? Malah english saya pas pasan :’((((((
    Galak ga sih yg interview. Brp lama mbak diinterview sama 3 org itu?

    Suka

    • halo mbak fitri salam kenal 😊
      kalo wkt saya itu nanya seputaran jobdesc d ktr lama, terus sm kepribadian.. -/+ 30menitan mba..memang smua pk b.ing mba..mrk baik2 semua kok..wkt itu ada salah satu kandidat yg jg aga lama utk menjawab krn ktrbatasan kosa kata, namun mrk sabar menunggu 😊
      gud luck ya mbak smg keterima! amin❤

      Suka

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

