Pilih Ngeblog di WordPress Atau Blogspot? Cek Perbedaannya!

Saya bukan ahli SEO. Saya cuma pengguna platform wordpress dan blogspot yang mencoba untuk menganalisa mana yang lebih baik untuk blogger pemula: pilih wordpress atau blogspot?

Jika kamu tertarik dengan semua cara untuk mengoptimasi blog agar seo friendly, percayalah keep it simple itu jadi jurus yang paling mujarab. Berikut saya paparkan perbedaan blogger dan wordpress dari kacamata kamu yang baru mulai blogging ya!

1. Segi SERP pada blog blogspot dan wordpress
Perlu dicatat, tidak ada keistimewaan khusus yang diberikan oleh google terhadap peng-index-an blogger. Baik blogspot maupun wordpress menurut saya seimbang kedudukannya dalam hal pengrayapan mbah google. Malahan ya, saya menemukan blog ini lebih cepat terindex daripada dinitalk yang saya buat di blogger.com.

2. Segi Template
Oke, satu hal yang saya sangat sangat suka dari blogspot / blogger.com ya templatenya yang user-friendly. WordPress memang tidak memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk mengoprek si template (kecuali kamu punya domain dan hosting sendiri).

3. Segi Trik SEO tools agar mudah terindex google
Kemudahan mengubah template blogger tentu berdampak pada SEO blog tersebut. Memang blogspot membolehkan kita untuk mengotak-atik templatenya, namun hal itu bisa saja justru malah melenyapkan posisi kamu di google page. Pengetahuan yang minim tentang bahasa seo, serta banyaknya tutorial blog agar seo friendly justru bisa membuat Anda gamang. Sepertu saya contohnya, beberapa kali mengoptimasi meta tag description justru malah menghilangkan artikel saya di google 😦
Jadi saran saya lebih baik gunakan wordpress dan ikuti cara optimasi seo agar blog wordpress cepat terindex google.

4. Segi blogwalking ke sesama blogger
Hal ini yang membuat saya makin merasa bahwa memilih posting di wordpress lebih baik dibandingkan dengan blogspot. Kenapa begitu? Karena blogger tidak ada fasilitas freshly pressed yang memudahkan kamu untuk melihat blog-blog yang terlisting di wordpress. Komunitas memang menjadi unggulan di platform wordpress. Kemudahan kamu untuk menuliskan comment, ataupun sekedar blogwalking menurut saya lebih simpel di wordpress.

Setelah saya menjabarkan semuanya, kembali lagi, ini hanyalah analisa seseorang yang tentunya bisa berbeda persepsi dengan yang lain. Memutuskan untuk posting di blogger atau wordpress memang sesuatu yang sulit karena masing-masing platform memiliki keunggulannya tersendiri. Jika kamu memang mementingkan optimasi seo pada blog, mungkin lebih oke jika blogging di blogspot. Namun jika kamu menginginkan komunitas dan blogwalking dengan teman sesama blog, wordpress me jadi pilihan yang tepat.

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

