Gunung Kelud Meletus dan Bahaya Abu Vulkanik Mematikan

Gunung Kelud Meletus, Bahaya Abu Vulkanik Mematikan

– Tanggal 14 Februari 2014 pukul 00.35 pagi dinihari dikejutkan dengan berita duka. Lagi-lagi bencana meletusnya gunung api harus menghiasi kabar diseluruh tv nasional hari ini.

Bukan hari valentine yang terdengar, melainkan justru kabar bencana gunung kelud meletus ditahun 2014 yang santer diberitakan. Gunung kelud yang terletak di Kediri, Blitar, dan empat kabupaten lainnya telah berhasil menutup akses bandara Juanda, Adi Sucipto, dan Cilacap. Tak hanya itu, abu vulkanik menyebar ke sebagian daerah di pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Kediri, Blitar, Malang, dan bahkan Ciamis di Jawa Barat!

image

image

Mendengar hal ini, jadi tergelitik diri saya untuk mencari tahu bahaya gunung kelud. Gunung Kelud menurut beberapa sumber yang saya baca pertama kali meletus di tahun 1856. Sejak itu, ia selalu memuntahkan semburan hawa panasnya. Jenis letusan gunung kelud pun berbeda dengan tipe gunung merapi. Meski sama-sama gunung aktif, ternyata kondisi statusnya lebih menyeramkan si Gunung Kelud. Bayangkan saja, tipe letusannya masuk ke skala jenis explosive, jadi yang tidak pakai tremor2 segala. Baca dari berbagai sumber sih itu ngeri yah, setara dengan letusan Gunung Tambora yang menewaskan 92.000 jiwa di tahun 1800-an, dan Gunung Krakatau yang merenggut 36 ribuan jiwa. Selain itu pihak geologi / *ilmu kegunung-apian* lah di Indonesia juga kesulitan menentukan status dari gunung tersebut; apakah siaga, waspasa, ataupun awas.

Melihat kabar ini semua, seharusnya pemerintah Indonesia lebih concern dengan penanggulangan pasca bencana alam. Dialog di metro tv yang mengundang bagian pasca bencana kemarin tentang bencana banjir 2014 mengatakan memang anggaran untuk pasca bencana tahun ini sangat sedikit dibanding tahun sebelumnya. Kecewa sih dengernya, mungkin buat kamu yang penasaran cari aja di youtube mungkin ada pas dialog Jusuf Kalla dengan reporter metro tv dan staf jubir presiden.

Yah semoga bencana di Indonesia segera mendapatkan bantuan dari Tuhan YME.

Iklan

Hi! thank for read my blog & don't forget to leave comments :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s